SKL. 1
Menggunakan konsep operasi hitung dan
sifat-sifat bilangan, perbandingan, aritmetika sosial, barisan bilangan , serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Indikator :
1.1. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan operasi tambah, kurang , kali dan bagi pada
bilangan.(2 soal )
(1) Konsep operasi bilangan bulat ( memuat
operasi +, - , x , : )
(2) Konsep
operasi bilangan pecahan ( memuat operasi +, - , x , : )
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Hasil dari 8 + (−6) × 2 – 5 : (−1) adalah . . . .
A.
−9
B.
−1
C.
1
D.
9
Jawaban : C
|
Perkalian dan pembagian harus dikerjakan terlebih dulu.
8 + [(−6) × 2] – [5 : (−1)]
= 8 + (−12) – (−5)
= 8 – 12 + 5
= −4 + 5
= 1
|
2
|
Hasil dari (−11 + 7) : 2 – 12 × 3 adalah . . . .
A.
−34
B.
−38
C.
−42
D.
−43
Jawaban : B
|
Operasi dalam
kurung harus dikerjakan dahulu, perkalian atau pembagian.
(−11 + 7) : 2 – 12 × 3
= [–4 : 2] – [12 × 3]
= –2 – 36
= –38
|
3
|
Hasil dari
adalah . . . .
A.
2
B.
2,5
C.
3
D.
3,2
Jawaban : A
|
Pada operasi
campuran, perkalian dan pembagian harus dikerjakan dulu dan
pecahan-pecahannya diubah ke bentuk pecahan biasa sbb :
|
4
|
Hasil
dari
adalah . . . .
A.
B.
C.
1
D.
1
Jawaban : B
|
Tips :
Pada operasi
campuran, perkalian harus dikerjakan dulu dan pecahan campuran diubah ke
bentuk pecahan biasa sbb :
=
=
=
=
=
=
=
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan. (1 Soal)
(3) Soal perbandingan senilai atau
berbalik nilai.
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Sebuah
sepeda motor memerlukan 5 liter bensin untuk menempuh jarak 210 km. Jika
sepeda motor menghabiskan 3 liter bensin maka jarak yang dapat ditempuh
adalah …
A. 350 km C. 126 km
B. 250 km D. 116 km
Jawaban : C
|
Masalah perbandingan senilai :
5 liter « 210 km
3 liter « x km
x =
|
2
|
Jika enam orang
pekerja mampu membuat 60 stel pakaian dalam waktu 5 hari, maka banyak pakaian
yang dapat dibuat oleh 15 orang dalam waktu 3 hari adalah ... stel.
A.
40
C. 90
B.
75 D. 108
Jawaban
: C
|
Masalah perbandingan senilai.
6 org × 5 hr → 60 stel
15 org × 3 hr → x stel
Û x =
|
3
|
Sebuah proyek
bangunan
dapat diselesaikan 40 hari oleh 35 orang. Setelah
dikerjakan selama 10 hari proyek terhenti selama 5 hari karena material habis. Jika
kemampuan pekerja dianggap sama,
banyak tambahan pekerja yang dibutuhkan agar pekerjaan dapat selesai
tepat waktu adalah ….
A. 35 orang C. 12 orang
B. 20 orang D. 7 orang
Jawaban : D
|
Masalah perbandingan berbalik nilai.
Rencana pekerjaan = 40 hr x 35 org
=
1400 hr.org
Telah dikerjakan = 10 hr x 35 org
=
350 hr.org
Sisa pekerjaan = 1400 – 350 = 1050
hr.org
Sisa waktu = (40 – 10 – 5) hr = 25
hr
pekerja yg dibutuhkan =
org. Jadi membutuhkan tambahan = 7 orang.
|
4
|
Sebuah mobil dengan kecepatan
rata-rata 60 km/jam dapat menempuh
jarak dari kota P ke kota Q dalam waktu 4 jam 30 menit. Apabila jarak kedua
kota tersebut ditempuh oleh mobil lain dengan kecepatan rata-rata 75 km/jam,
waktu yang diperlukan adalah ….
A.
3 jam 40 menit
B.
3 jam 36 menit
C.
3 jam 26 menit
D.
3 jam 10 menit
Jawaban : B
|
Masalah perbandingan berbalik nilai.
4 jam 30 menit =
4,5 jam
60 km/jam « 4,5 jam
75 km/jam « t jam
t =
t = 3,6 jam = 3 jam + (0,6 ×
60) menit
= 3 jam 36
menit
|
1.3.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar. ( 2 Soal )
(4) Menghitung hasil operasi bilangan
berpangkat
(5) Merasionalkan penyebut.
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Hasil dari (4-3 ×24)-2
adalah ….
A. –16 C.
B. –8 D. 16
Jawaban : D
|
(4-3 ×24)-2
=
=
= (2-2)-2 = 24
= 16
|
2
|
Hasil
dari 16
+ 8
adalah
....
A.
21
C. 48
B.
28 D.
68
Jawaban : D
|
16
+ 8
=
=
= 64 + 4 = 68
|
3
|
Hasil dari
adalah ....
A. 3 C. 12
B. 6 D. 24
Jawaban : B
|
=
= 31
× 21
= 6
|
4
|
Hasil dari
adalah ....
A.
C.
B.
D.
|
=
=
=
|
5
|
Bentuk sederhana dari
adalah . . . .
A.
B.
C. 4
D. 1
Jawaban : B
|
Merasionalkan
penyebut :
|
6
|
Bentuk sederhana dari
adalah ….
A.
B.
C.
D.
|
Merasionalkan penyebut :
=
=
=
=
|
7
|
Bentuk sederhana dari
adalah ....
A. 2
– 6 C. 3 –
B.
– 3 D. 3 +
|
|
1.4. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial
sederhana.( 1 Soal )
(6)
Menentukan besar tabungan awal atau menentukan besar bunga
pertahun
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Dilla menabung pada sebuah bank.
Setelah 9 bulan uangnya menjadi Rp 2.240.000,00. Jika ia mendapatkan bungan
16% per tahun, maka besarnya uang yang pertama kali ditabung Dilla adalah ….
A. Rp 1.800.000,00
B. Rp 1.900.000.00
C. Rp 2.000.000,00
D. Rp 2.100.000,00
Jawaban : C
|
Th = 2.240.000
% Bunga 9 bl =
Th = (100% + 12%)Ta = 112% ×Ta.
Û Ta =
= 2.000.000
Th : Tabungan akhir
Ta : Tabungan awal
|
2
|
Seorang nasabah menabung Rp200.000,00
pada sebuah bank. Setelah 3 bulan jumlah tabungannya menjadi Rp205.000,00.
Besar bunga bank pertahunnya adalah ….
A. 10% C. 18%
B. 15% D. 20%
Jawaban : A
|
Modal = 200.000
Setelah 3 bln menjadi = 205.000
Jelas, bunga 3 bulan = 5.000
Þ Bunga 1 tahun = 4 × bunga 3 bln
= 4
× 5.000
=
20.000
% bunga pertahun =
=
10 %
|
1.5. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan dan deret.( 3 Soal )
(7) Menyelesaikan
soal tentang gambar berpola
(8) Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan deret
aritmatika
(9) Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan deret geometri
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Perhatikan gambar berikut.
OOOO
OOO OOOO
OO OOO
OOOO . . .
(1) (2) (3)
Banyak lingkaran pada pola ke-50 adalah ….
A. 2.450 C. 2.652
B. 2.550 D. 2.675
Jawaban : B
|
Pola bilangan yang sesuai gambar adalah
2, 6, 12, ….
U1 = 1 × 2 = 2
U2 = 2 × 3 = 6
U3 = 3 × 4 = 12
…
Un = n × (n + 1)
U50 = 50 × 51 = 2.550
|
2
|
Suku ke-85 barisan bilangan
4, 10, 16, 22, ... adalah . . . .
A.
488
B.
498
C.
502
D.
508
Jawaban : D
|
Cara 1:
4, 10, 16, 22, ...
Þ a = 4, b = 6
Pakai rumus Un = a + (n – 1)b
U85
= 4 + (84).6
=
4 + 504
= 508
Cara 2 :
Karena beda = 6 dan U1 = 4
Þ rumus Un = 6n – 2
U85 = 6(85) – 2
= 510 – 2
= 508
|
3
|
Hasil dari 7 + 14 + 21 + … + 161 adalah
….
A. 1.832
B. 1.839
C. 1.932
D. 1.939
Jawaban : C
Cara 1 :
Deret aritmetika, a = 7, b = 7, n =
?
Un = a + (n – 1)b
161= 7 + (n – 1)7 =7 + 7n – 7
= Û 161 = 7n Û n = 23
Sn = ½
n ( U1 + Un)
S23 = ½ . 23. (7 + 161) = 1.932
|
Cara 2 :
7 + 14 + 21 + … + 161= S
|
4
|
Di sebuah aula, terdapat 15 baris
kursi. Pada baris pertama memuat 10 kursi, sedangkan pada baris kedua, ketiga
dan seterusnya bertambah 2 kursi. Banyak seluruh kursi di aula tersebut
adalah ….
A. 360
B. 440
C. 480
D. 600
Jawaban : A
|
Cara 1 :
10 + 12 + 14 + … Þ a=10, b=2, n=15
Sn = ½
n ( 2a + (n – 1)b)
S15 = ½ .15(2×10 + 14×2)
= ½ .15.48
= 360
Cara 2 :
Karena beda = 2 dan U1 = 10,
Þ rumus Un = 2n + 8
Suku ke-15 = U15 = 2(15) + 8 = 38
S =
= 24 × 15 = 360
|
5
|
Jumlah semua bilangan kelipatan 3 antara 200 dan 300 adalah
. . . .
A.
7.635
B.
7.935
C.
8.217
D.
8.250
Jawaban : C
Bilangan kelipatan tiga adalah bilangan yang habis dibagi 3.
- Tentukan suku pertama yaitu
bilangan pertama setelah 200 yang habis dibagi 3
- Tentukan suku terakhir yaitu
bilangan sebelum 300 yang habis dibagi 3
|
Deret aritmetika yang sesuai :
201 + 204 + ... + 297 = ?
Cara 1 :
a=201, b = 3, n = ?
Un = a + (n – 1)b
297 = 201 + (n – 1).3
297 = 201 + 3n – 3
297 = 198 + 3n
297 – 198 = 3n
99 = 3n Û n = 33
Rumus jumlah
sukunya :
Sn = ½
n ( U1 + Un)
S33 =
½ . 33. (201 + 297)
= ½ .33.(498)
= 8217
Cara 2 :
201 + 204 + ... +
297 = S
|
6
|
Setiap bakteri akan membelah diri menjadi 2 setiap 20
menit. Jika jumlah bakteri mula-mula berjumlah 25, maka banyak bakteri
setelah 3 jam adalah . . . .
A.
6.400
B.
12.000
C.
12.800
D.
25.600
Jawaban : D
|
Banyak suku = 180 menit : 20 menit = 9
Barisan
geometrinya dapat ditulis:
25, 50, 100, 200,
400, 800, 1600, 3200, 6400, 12800
Jika U1
= 25, maka 9 suku berikutnya adalah 12.800.
|
7
|
Pada deret geometri, U3
= 20 dan U7 = 320. Jumlah 8 suku pertama dari deret tersebut
adalah ….
A. 10.240
B. 2.560
C. 2.555
D. 1.275
Jawaban : D
|
Un = arn-1
U3 = ar2 = 20
U7 = ar6 = 320
ar2 × r4
= 320
20 × r4 =
320 Û r4 = 16 Û r = 2
Jadi, deretnya sbb:
5 + 10 + 20 + 40 + 80 + 160 + 320 + 640 = 1.275
|
SKL. 2
Memahami operasi bentuk aljabar, konsep
persamaan dan pertidaksamaan linear,
persamaan garis, himpunan, relasi fungsi, sistem persamaan linear, serta
menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Indikator :
2.1. Menentukan
pemfaktoran bentuk aljabar.( 1 Soal )
(10) Menentukan
faktor bentuk ax2 + bx + c
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Hasil pemfaktoran p2
+ 4p – 12 adalah ….
A. (p – 4)(p + 3)
B. (p + 4)(p – 3)
C. (p – 6)(p + 2)
D. (p + 6)(p – 2)
Jawaban : D
|
Cara 1 :
p2 + 4p – 12 Þ a = 1, b = 4, c = –12
Untuk c negative, carilah actor-faktor dari c yang selisihnya
b.
12 = (1, 12), (2, 6), (3,
4) → –2 + 6 = 4
Suku tengah dipecah menjadi 2 suku:
p2 + 4p – 12 = (p + 6)(p – 2)
Cara 2 :
Jabarkan atau uraikan masing-masing option , sampai diperoleh
hasil sesuai dg soal.
A. (p – 4)(p + 3) = p2 + 3p – 4p – 12
= p2 – p – 12 Þ salah
D. (p + 6)(p – 2) = p2 – 2p + 6p – 12
= p2 + 4p – 12 Þ benar
|
2
|
Salah satu faktor dari 3x2
– 11x + 10 adalah ….
A. x + 5 C. 3x
– 2
B. x – 2 D. 3x
+ 5
Jawaban : B
Cara 1 : (memfaktorkan)
3x2 – 11x + 10 Þ a = 3, b = –11,
c = 10
Jika a ¹ 1, carilah faktor-faktor dari a×c. karena c
positif, maka pilihlah pasangan faktor dari ac yang jumlahnya b.
Faktor dari 3×10 = 30 = (1, 30), (2, 15), (3, 10), (5, 6) → –5 + (–6) = –11
Suku tengah dipecah menjadi 2 suku :
3x2 – 11x
+ 10 = 3x2 – 6x – 5x+ 10
= 3x(x
– 2) – 5(x – 2)
= (3x – 5)(x – 2)
|
Atau : masukkan –5 dan –6
3x2 – 11x + 10 =
= (3x
– 5)(x – 2)
Cara 2 : (mencari kawan)
Perhatikan suku pertama dan terakhir, yaitu 3x2 dan +10
(x + 5) kawan yang mungkin (3x + 2).
(x + 5)(3x + 2) = 3x2 + 2x + 15x + 10
= 3x2
+ 17x + 10 (salah)
(x – 2) kawan yang mungkin (3x – 5)
(x – 2)(3x – 5) = 3x2 – 5x – 6x + 10
= 3x2
– 11x + 10 (benar)
Jadi, salah satu faktor dari 3x2 – 11x + 10 adalah x – 2
|
3
|
Perhatikan pemfaktoran bentuk
aljabar berikut.
(1) 12x2y – 8xy2
= 4x(3xy – 8y2)
(2) 8x2 – 32y2 =
(2x + 8y)(4x – 4y)
(3) 4x2 – 11x + 6 = (4x –
3)(x – 2)
(4) x2 – x – 30 = (x – 6)(x +
5)
Pemfaktoran yang
benar adalah ….
A.
(1) dan (2)
B.
(2) dan (3)
C.
(3) dan (4)
D.
hanya (4)
Jawaban : C
|
Cara 1 : (memfaktorkan ruas kiri)
(1) 12x2y – 8xy2
= 4xy(3x – 2y)
(2) 8x2 – 32y2 = 8(x
+ 2y)(x – 2y)
(3) 4x2 – 11x + 6 = (4x –
3)(x – 2)
(4) x2 – x – 6 = (x – 3)(x +
2)
tampak (1) dan
(2) salah,
yang benar (3)
dan (4)
Cara 2 : (menjabarkan ruas kanan)
(1) 4x(3xy – 8y2) = 12x2y
– 32xy2
(2) (2x + 8y)(4x – 4y) = 8x2
+ 24xy – 32y2
(3) (4x – 3)(x – 2) = 4x2 –
11x + 6
(4) (x – 6)(x + 5) = x2 – x
– 30
|
2.2. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu
variabel. ( 1 soal atau 2
Soal )
(11) Menyelesaikan
persamaan linier satu variabel (koefisien pecahan)
(12)
Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan linier satu
variabel (memuat koefisien negative, option
jawaban merupakan himpunan dalam bentuk tabulasi)
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Nilai x yang memenuhi persamaan
(3x – 12) = 12 +
x adalah . . . .
A.
−24
B.
−20
C.
20
D.
24
Jawaban : B
|
Cara 1 : (menyelesaikan persamaan)
(3x – 12) = 12 +
x
Kedua ruas dikalikan 10 yaitu KPK dari
penyebut 2 dan 5, diperoleh:
Û 5(3x – 12)
= 120 + 24x
Û 15x –
60 = 120 + 24x
Û 15x – 24x
= 120 + 60
Û – 9x = 180
Û x = −20
Cara 2 : (substitusi)
Yaitu dengan mencoba-coba
mensubstitusikan jawaban pada soal.
|
2
|
Penyelesaian persamaan
adalah ….
A. x = 2
B. x = 4
C. x = 5
D. x = 8
jawaban : B
|
Cara 1 :
(kedua ruas dikali 6 atau
dikalikan silang)
Û 3(3x – 2) = 2(2x + 7)
Û 9x – 6 = 4x + 14
Û 9x – 4x = 14 + 6
Û 5x = 20
Û x = 4
Cara 2 : (substitusi)
Yaitu dengan mencoba-coba mensubstitusikan
jawaban pada soal.
|
3
|
Himpunan penyelesaian dari :
2(3x – 5) £ 9x + 8 dengan x bilangan bulat adalah . . . .
A. { …, –9, –8, –7 }
B. {…, –8, –7, –6 }
C. { –6, –5, –4, … }
D. { –5, –4, –3, … }
Jawaban : C
|
2(3x – 5) £ 9x + 8
Û 6x – 10 £ 9x + 8
Û 6x – 9x £ 10 + 8
Û –3x £ 18
Û x ³ –6 (membagi dengan bilangan negative, tanda ketidaksamaan harus
dibalik)
Jadi HP = { –6, –5, –4, … }
|
4
|
Diketahui x Î {bilangan bulat}. Nilai x terbesar yang memenuhi
pertidaksamaan
>
adalah ….
A. 19
B. 18
C. 6
D. 5
Jawaban : C
|
>
Kedua ruas
dikalikan 6 yaitu KPK dari penyebut 3 dan 2, diperoleh:
Þ 2(6x + 5) > 3(x – 3) + 12x
Û 12x + 10 > 3x – 9 + 12x
Û 12x + 10 > 15x – 9
Û 12x – 15x > –10 – 9
Û –3x > –19
Û x < 6⅓ ( tanda
dibalik )
Bilangan bulat terbesar yang <
6⅓ adalah 6.
|
2.3. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan himpunan. ( 1 soal atau 2 Soal )
(13) Menentuka
irisan, gabungan, selisih, atau komplemen dua himpunan (konsep/soal cerita).
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Diketahui :
P = { x ׀ 2 < x ≤ 12, x
bilangan cacah }, dan
Q = { x ׀ x
faktor dari 12 }.
P
Q = . . . .
A.
{ 3, 4, 6 }
B.
{ 3, 4, 6, 12 }
C.
{ 2, 3, 4, 6, 12 }
D.
{ 1, 2, 3, 4, 6, 12 }
Jawaban : B
|
P = { 3, – 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12 }dan
Q = { 1, 2, 3, 4,
6, 12 }
Irisan berarti
anggota persekutuan.
P
Q = {
3, 4, 6, 12 }
|
2
|
Diketahui :
A = { x ׀ x > 1, x faktor dari 8}
B = { x ׀
x < 6, x bilangan ganjil }
A U B = ….
A. {1, 2, 3, 4, 5, 8}
B. {1, 2, 3, 4, 5}
C. {2, 3, 4, 5, 8}
D. {2, 3, 4, 5}
Jawaban : A
|
A = {factor dari 8 yang lebih dari 1}
= {2, 4, 8 }
B = {bilangan ganjil kurang dari 6}
= {1, 3, 5}
A U B = A
gabungan B
= {1, 2, 3, 4,
5, 8}
|
3
|
Diketahui:
K = { x ן x factor dari 10}
L = { x ן 1 < x £ 11, x bilangan ganjil}
L – K = ….
A. {3, 4, 5}
B. {3, 7, 9}
C. {3, 5, 7, 11}
D. {3, 7, 9, 11}
Jawaban : D
|
K = {1, 2, 5, 10}
L = { 3, 5, 7, 9, 11}
L – K = anggota L yang tidak menjadi anggota K
= {3, 7, 9, 11}
|
4
|
Dari 32 siswa, 15 siswa menyukai futsal, 12 siswa menyukai
voli, dan 5 siswa menyukai futsal dan voli. Banyak siswa yang tidak menyukai
futsal maupun voli adalah . . . .
A.
6 orang
B.
7 orang
C.
9 orang
D.
10 orang
Jawaban : D
|
Cara 1 : (menggunakan diagram venn)
x = 32 – (10 + 5 + 7) = 32 – 22
= 10
Cara 2 :
Pakai rumus S + i
= L
Û 32 + 5 = 15 + 12 + x
Û 37 = 27 + x
Û x = 10
S = Semesta (jml
anak dalam kelompok)
i = irisan dua
himpunan
L = data-data
lainnya
|
5
|
Di lingkungan RT 01/02 sebanyak 64
kepala keluarga. 35 keluarga diantaranya berlangganan koran, 32 keluarga berlangganan
majalah, dan 10 keluarga tidak berlangganan kedua-duanya. Banyak keluarga yang berlangganan kedua-duanya
adalah ….
A. 13
B. 9
C. 8
D. 7
Jawaban : A
|
Cara 1 : (menggunakan diagram venn)
(35 – x) + x + (32 – x) + 10 = 64
Û 35 + 32 + 10 – x = 64
Û 77 – x = 64
Û x = 13
Cara 2 :
Pakai rumus S + i
= L
Û 64 + i = 35 + 32 + 10
Û 64 + i = 77
Û i = 13
|
2.4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi. ( 2 soal )
(14) Nilai fungsi (missal: f(x) =
-2x + 5, f(-4) = a dan f(b) = -1, nilai a + b = ?)
(15) Rumus fungsi (missal: f(x) =
px + q, f(3) = -10, f(-2) = 0. Nilai p – q = ?)
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Diberikan fungsi f(x) = 2x – 7. Jika f(p) = 9, maka nilai p = ….
A. 8 C. 16
B. 11 D. 18
Jawaban : A
|
f(x) = 2x – 7
f(p) = 2p – 7 = 9
Û 2p = 9 + 7
Û p = 8
|
2
|
Diketahui fungsi g(x) = 2x + 3. Jika g(1) = a dan g(b) = 15, maka
nilai a + b adalah ….
A. 6 C. 10
B. 9 D. 11
Jawaban : D
|
g(x) = 2x + 3
g(1) = 2(1) + 3
a = 2 + 3 Þ a = 5
g(b) = 2b + 3
15 = 2b + 3 Þ b = 6
Jadi nilai a + b = 5 + 6 = 11
|
3
|
Suatu fungsi didefinisikan dengan h(x) = px + q. Jika h(2) = 1 dan
h(4) = 5, maka h(10) = ….
A. 9 C. 17
B. 12 D. 19
Jawaban : C
|
+2
+6
2 4 10
x2
x2
1 5 ? = 17
+4 +12
|
4
|
Suatu fungsi didefinisikan dengan g(x) = ax + b. Jika g(2) = 1dan g(7)
= 16, maka nilai nilai a dan b berturut-turut adalah ….
A. –3 dan 5 C. 3 dan 5
B. –3 dan –5 D.
3 dan –5
Jawaban : D
|
g(x) = ax + b
g(2) = 2a + b = 1
g(7) = 7a + b = 16 –
–5a = –15
Þ a = 3
2(3) + b = 1 Þ b = –5
|
5
|
Diketahui f(x) = 4x – 3 .
Nilai dari f(5a + 2) = . . . .
A.
8a + 2
B.
20a + 5
C.
20a – 1
D.
20a – 5
Jawaban : B
|
Jika f(x) = 4x – 3,
maka
f(5a + 2) = 4(5a + 2) – 3
= 20a
+ 8 – 3
= 20a
+ 5
|
2.5. Menentukan gradien, persamaan garis atau grafiknya.( 2 Soal)
(16) Menentukan gradien dari dua titik atau diketahui
grafiknya.
(17) Menentukan persamaan garis yang
melalui satu titik dan sejajar garis lain atau dari grafik.
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Gradien garis m pada gambar di bawah ini adalah . .
. .
A.
B.
C.
D.
Jawaban : C
|
Gradien (m) =
Jika grafiknya miring ke kanan Þ gradien positif
Jika grafiknya miring ke kiri Þ gradien negatif
Pada gambar di
samping, grafiknya miring ke kanan, maka gradiennya
positif.
Gradien (m) =
=
|
2
|
Gradien garis yang melalui titik
(2, –3) dan (–4, 1)
adalah ….
A.
C.
B.
D.
Jawaban : B
|
(2, –3) Þ x1 = 2 dan y1 = –3
(–4, 1) Þ x2 = –4 dan y2
= 1
gradien =
|
3
|
Persamaan garis yang melalui titik
(2, –4) dan sejajar
dengan garis 3x + 5y – 6 = 0 adalah ….
A. 3x + 5y – 14 = 0
B. 3x + 5y + 14 = 0
C. 3x – 5y + 22 = 0
D. 5x – 3y + 2 = 0
Jawaban : B
|
// 3x + 5y – 6 = 0 dan melalui (2, –4)
3x + 5y = 3x1 + 5y1
= 3(2) + 5(–4)
= 6 – 20
= –14
3x + 5y + 14 = 0
|
4
|
Persamaan garis yang melalui titik P(5, −5) dan Q(−5, 1) adalah . . . .
A.
3x + 5y – 10 = 0
B.
3x + 5y + 10 = 0
C.
5x + 3y – 10 = 0
D.
5x + 3y + 10 = 0
Jawaban : B
Cara lain dengan mensubstitusikan koordinat titik P dan Q ke persamaan
garis yang tersedia ( semua titik harus memenuhi)
|
(5, −5) ® x1
= 5, y1 = −5
dan (−5, 1) ® x2
= −5, y2 = 1
Þ
Û
Û
Û −10y −50 = 6x – 30
Û−6x – 10y – 50 + 30
= 0
Û - 6x – 10y – 20 =
0
Û 3x + 5y + 10 = 0
|
5
|
Persamaan garis m
pada gambar di bawah ini adalah . . . .
A. 2x + 3y + 18 = 0
B. 2x – 3y + 18 = 0
C. 2x + 3y – 18 = 0
D. 2x – 3y – 18 = 0
Jawaban : D
|
Persamaan garisnya :
–6x + 9y = –6×9
–6x + 9y = –54 (kedua ruas dibagi -3)
2x – 3y = 18
|
2.6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan
linier dua variabel (SPLDV). ( 1 Soal)
(18) Menentukan
penyelesaian dari SPLDV ( konsep/soal cerita)
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Jika 3x + 5y = –13 dan 4x – 3y
= 31, maka nilai 2x – y = ….
A. 3
B. 8
C. 13
D. 15
Jawaban : C
|
Eliminasi y sbb:
3x + 5y = –13 ×3 Þ
9x + 15y = -39
4x – 3y = 31 ×5
20x – 15y = 155 +
29x = 116
x = 4
Substitusi x = 4 ke pers. 2
4(4) – 3y = 31
– 3y = 31 – 16 = 15 Þ y = –5
Sehingga nilai 2x – y = 2(4) – (–5) = 13
|
2
|
Di tempat parkir sebuah pertokoan terdapat 75
kendaraan yang terdiri atas mobil dan sepeda motor. Banyak roda seluruhnya
ada 210. Jika tariff parkir untuk mobil Rp5.000,00 dan sepeda motor
Rp2.000,00, maka jumlah pendapatan uang parkir saat itu adalah ….
A. Rp120.000,00
B. Rp150.000,00
C. Rp200.000,00
D. Rp240.000,00
Jawaban : D
|
Misal : x : banyak mobil
y : banyak sepeda
motor
x + y = 75 … (1)
4x + 2y = 210 Û 2x + y = 105 … (2)
Eliminasikan y dari (1) dan (2)
x + y = 75
2x + y = 105 –
–x = –30 Û x = 30 shg y = 45
Jml. uang parkir = 30(5000) + 45(2000)
=
150.000 + 90.000
=
240.000
|
3
|
Sebuah kebun berbentuk persegi panjang dengan keliling 400
m. Jika selisih panjang dan lebarnya 60 m, maka luasnya adalah . . . .
A.
7.500 m2
B.
8.400 m2
C.
9.100 m2
D.
9.600 m2
Jawaban : C
|
Keliling kebun =
400
Û 2(p + ℓ) = 400
Û p + ℓ = 200
..........(1)
Selisih panjang
dan lebar = 60
Û p – ℓ = 60 .......... (2)
Eliminasikan (1)
dan (2) :
p + ℓ = 200
p – ℓ
= 60 +
2p
= 260 Û p = 130, Þ ℓ = 70
Jadi luas kebun =
130 m × 70 m = 9.100 m2
|
SKL. 3
Memahami bangun
datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
Indikator :
3.1.
Menyelesaikan masalah
menggunakan teorema Pythagoras. ( 1 soal )
a. Menyelesaikan soal dengan
menggunakan konsep teorema
Pythagoras
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
|||||
1
|
Perhatikan
gambar berikut!
Jika panjang
BC = 104 cm, AC = 78 cm, dan BD = 50 cm. Panjang AD adalah...
A. 90 cm
B. 100 cm
C. 120 cm
D. 130 cm
Jawaban : C
|
Lihat DABC:
AB2 = AC2 + CB2
= 782 + 1042
= 6.084 + 10.816
= 16.900
AB = 130
Lihat DABD:
AD2 = AB2 – BD2
= 16.900 – 2.500
= 14.400
AD = 120.
|
|||||
2
|
Sebuah kapal berlayar kea rah barat sejauh 18 km. kemudian berbelok
kea rah utara sejauh 24 km. jarak kapal laut dari titik awal keberangkatan
adalah ….
A. 30 km
B. 36 km
C. 40 km
D. 42 km
Jawaban : A
|
Gunakan tripel Pythagoras : 3, 4, 5.
Masing-masing dikalikan 6, diperoleh:
3 × 6 = 18
4 × 6 = 24
5 × 6 = 30
|
3.2.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar. (1 soal)
a. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan gabungan luas bangun datar 19
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
|||||||
1
|
Perhatikan gambar
persegi ABCD dan jajargenjang EFGH berikut
Jika jumlah luas daerah yang tidak diarsir seluruhnya pada
gabungan bangun tersebut 52 cm2, maka luas daerah yang diarsir
adalah . . . .
A.
12 cm2
B.
14 cm2
C.
18 cm2
D.
24 cm2
Jawaban : A
|
Luas daerah yang
diarsir
=
=
=
=
= 12
|
|||||||
2
|
Perhatikan
gambar berikut!
Jika panjang
CD = 16 cm, BC = 5 cm , AB = 22 cm, PQ = 10 cm, dan QR = 12 cm . Jika luas yang
diarsir 16 cm2,
maka luas daerah yang
tidak
diarsir
adalah...
A. 76
cm2
B. 88
cm2
C. 92
cm2
D. 100
cm2
Jawaban
: C
|
Tinggi trapezium di atas t = 4
L. ABCD = (16 + 22). 4/2 = 76
Tinggi segitiga di atas t = 8
L. DPQR = ½ . 12 . 8 = 48
Luas daerah yang tidak diarsir
= L.ABCD + L.PQR – 2 × luas
arsiran
= 76 + 48 – 2 × 16
= 124 – 32
= 92
|
3.3.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar. (1 soal )
a.
Menghitung keliling gabungan beberapa bangun
datar
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
|
|
2
|
Luas belah ketupat
216 cm2 dan panjang salah satu diagonalnya 24 cm. Keliling
belah ketupat tersebut adalah . . . .
A.
40 cm
B.
52 cm
C.
60 cm
D.
68 cm
Jawaban : C
|
Luas belah
ketupat = 216
Û
= 216
Û
= 216
Û 12 × d2
= 216 Þ d2
= 18
Pada ∆OCD, dengan tripel Pythagoras,
diperoleh bahwa panjang CD = 15 cm.
Jadi keliling = 4
× 15 = 60
|
3.4.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi. (3 soal)
3.5.Kongruen (menghitung panjang
sisi atau besar sudut dari gambar dua segitiga kongruen)
3.6.Kesebangunan (menentukan
panjang sisi melibatkan gambar trapezium)
3.7.Aplikasi kesebangunan (tinggi
tiang, foto atau gedung)
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Pada ∆ABC, besar ÐA = 55º dan
ÐB = 65º, sedangkan
pada ∆DEF, besar ÐE = 60º dan ÐF = 55º.
Jika segitiga ABC dan DEF kongruen, maka pernyataan berikut yang benar adalah
. . . .
A.
AC = DF
B.
AB = DE
C.
BC = EF
D.
BC = DE
Jawaban : D
|
∆ABC dan ∆DEF
kongruen.
Jika ÐA = ÐF Þ BC = DE,
Ð B = ÐD Þ AC = EF, dan
Ð C = ÐE Þ AB = DF
Cara mudah :
Jika ÐA = ÐF maka sisi di depan
ÐA sama dengan sisi
di depan ÐF yaitu sisi BC = DE.
|
2
|
Perhatikan gambar!
Panjang AB adalah . . . .
A.
24 cm
B.
25 cm
C.
26 cm
D.
27 cm
Jawaban : B
|
Gunakan metode
silang pada gambar.
PQ =
Û (4 + 6)PQ = 4.AB + 6.CD
Û (10).16 = 4AB + 6.(10)
Û 160 = 4 AB + 60
Û 4 AB = 100
Û AB = 25
|
3
|
Sebuah tiang yang tingginya 2 m mempunyai bayangan 250 cm.
Jika pada saat yang sama bayangan sebuah gedung 40 m, maka tinggi gedung
tersebut adalah . . . .
A.
50 m
B.
48 m
C.
45 m
D.
32 m
Jawaban : D
|
Misalkan:
tT : tinggi tiang
tG : tinggi gedung
bT : bayangan
tiang
bG : bayangan
gedung.
=
Þ
=
tG =
= 2 × 16 = 32
|
3.8. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan dua
garis, besar sudut (penyiku atau pelurus). ( 1 soal)
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
|||||||
1
|
Pada
gambar di bawah ini, besar ÐBOC adalah ….
A. 17,5º
B.
18º
C.
35º
D.
36º
|
|
|||||||
2
|
Perhatikan gambar berikut ! Besar sudut
a. 64⁰
c. 80⁰
d. 84⁰
|
|
|||||||
3
|
Jika besar ÐP = 74º,
maka besar penyiku ÐP adalah . . . .
A.
16º
B.
26º
C.
37º
D.
106º
Jawaban : A
|
ÐQ adalah penyiku ÐP jika
ÐP + ÐQ = 90
74 + ÐQ = 90
ÐQ = 90 – 74 = 16
Jadi, penyiku ÐP adalah 16º
|
|||||||
4
|
Diketahui : ÐA : ÐB = 7 : 11. Jika ÐA dan ÐB saling berpelurus, maka besar ÐB adalah ….
A. 70º
B. 80º
C. 110º
D. 150º
Jawaban : 110º
|
ÐB =
=
= 110º
|
|||||||
5
|
Perhatikan
gambar di samping!
A.
25
B.
30
C.
65
D.
125
|
|
|||||||
6
|
Perhatikan gambar dibawah ini!
Nilai
A.
B.
1500
C.
1800
D.
2700
|
|
|||||||
7
|
1.
Besar ÐDFG adalah ….
A.
20o
B.
25o
C.
37o
D.
42o
|
|
|||||||
8
|
2.
A.
45o
B.
55o
C.
85o
D.
95o
|
|
|||||||
9
|
Besar sudut penyiku 570 adalah…
A. 330 C.
630
B. 430 D.
1230
|
|
|||||||
10
|
Perhatikan gambar!
besar ÐBCE = 58°, maka besar ÐACE = ....
a. 112° c. 119°
b. 116° d. 120°
|
|
|||||||
11
|
Perhatikan gambar!
Besar sudut A3 = (3x + 5)° dan sudut B2 = (4x + 35)°,
maka besar sudut B1 dan sudut A4 berturut turut adalah....
a. 65³°
dan 115° c. 40° dan 140°
b. 115°
dan 65° d. 140° dan 40°
|
|
|||||||
12
|
Perhatikan
gambar!
Nilai y adalah .
. . .
A.
60°
B.
120°
C.
140°
D.
150
|
|
|||||||
13
|
Perhatikan
gambar disamping!
A.50o
B.110o
C.125º
D.140°
|
|
|||||||
|
|
|
|||||||
|
|
|
|||||||
|
|
|
|||||||
|
|
|
|||||||
|
|
|
|||||||
|
|
|
|||||||
|
|
|
3.9.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan garis-garis istimewa pada segitiga. (1 soal)
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
|
Perhatikan gambar
berikut!
Garis PQ adalah . . . .
A.
garis bagi
B.
garis berat
C.
garis tinggi
D.
garis sumbu
Jawaban : D
|
Garis bagi pada segitiga adalah garis yang membagi sudut pada
segitiga menjadi dua sama besar.
Garis berat pada segitiga adalah garis yang menghubungkan titik sudut dengan
titik tengah sisi di hadapan sudut itu.
Garis tinggi pada segitiga adalah garis yang melelui titik sudut dan tegak
lurus dengan sisi di hadapan sudut itu.
Garis sumbu pada segitiga adalah garis yang melalui titik tengah
sisi segitiga dan tegak lurus dengan sisi itu.
|
3.10.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan
dua lingkaran. ( 2 soal )
3.11.
Menentukan
luas juring/panjang busur/sudut pusat dengan membandingkan.
3.12.
Garis
singgung persekutuan dalam/luar (menghitung panjang garis singgung
persekutuan/jarak kedua pusat/panjang salah satu jari-jari)
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Perhatikan gambar!
O adalah
pusat lingkaran. Jika panjang busur AB = 40 cm, maka panjang busur CD adalah
. . . .
A.
100 cm
B.
80 cm
C.
64 cm
D.
25 cm
Jawaban : C
|
Ingat bahwa
panjang busur dan luas juring sebanding dengan sudut pusatnya.
Busur CD =
= 64
|
2
|
Panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran adalah 12 cm. Jika jarak dua pusat
lingkaran tersebut 15 cm dan panjang jari-jari salah satu lingkaran itu 3 cm,
maka panjang jari-jari lingkaran yang lain adalah . . . .
A.
3 cm
B.
6 cm
C.
9 cm
D.
12 cm
Jawaban : B
|
Perhatikan
gambar.
Jika CD = BE = 12
cm, AB = 15 cm, dan BD = CE = 3 cm
Jelas tripel
pythagoras pada segitiga ABE AE = 9, EB = 12, dan AB = 15.
Jadi panjang AC =
6 cm
|
3
|
|
|
4
|
|
|
3.13.
Menentukan
unsur-unsur pada bangun ruang. ( 1 soal )
a. Menentukan
unsur pada bola, kerucut atau tabung
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Banyak sisi dan rusuk pada tabung adalah . . . .
A.
3 dan 2
B.
3 dan 3
C.
2 dan 2
D.
2 dan 3
Jawaban : A
|
Tabung mempunyai
3 sisi (alas, selimut dan tutup) serta 2 rusuk berbentuk lingkaran.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.14.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang. (1 soal )
a.
Menyelesaikan soal cerita berkaitan dengan model kerangka
bangun ruang sisi datar
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Hasan akan membuat limas dari kawat yang alasnya berbentuk
persegi, dengan panjang rusuk alas 8 cm dan rusuk tegak 12 cm. Panjang kawat
yang diperlukan adalah . . . .
A.
40 cm
B.
76 cm
C.
80 cm
D.
96 cm
Jawaban : C
|
Limas persegi
mempunyai 4 rusuk alas (s) sama panjang dan 4 rusuk tegak (t) sama panjang.
Jadi panjang
kawat untuk membuat kerangka limas = 4(s + t)
= 4(8 + 12)
= 80
|
3.15.
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang. ( 2 soal )
a.
Menyelesaikan masalah berkaitan dengan volum bangun ruang sisi datar atau bangun ruang sisi
lengkung.
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Diameter
alas sebuah kerucut 14 cm dan panjang garis pelukisnya 25 cm. Volum kerucut
tersebut adalah . . . .
A.
1.232 cm3
B.
924 cm3
C.
770 cm3
D.
616 cm3
Jawaban : A
|
Jari-jari alas
kerucut, tinggi dan garis pelukisnya membentuk tripel Pythagoras, yaitu 7,
24, 25. Sehingga tinggi kerucut 24 cm
Volum = 1/3 . pr2 . t
= 1/3. 22/7. 7.7.24
= 22.7.8
= 1232
|
2
|
Perhatikan
gambar benda yang dibentuk oleh kerucut, tabung dan setengah bola.
Volum benda tersebut adalah . . . . (p = 3,14)
A.
889,67 cm3
B.
1.203,67 cm3
C.
1.256 cm3
D.
1.360,67 cm3
Jawaban : B
|
Perhatikan gambar
V = V belahan bola + V tabung + V kerucut
=
=
=
= (78,5) ×(15,33)
= 1203,67
|
3.16.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas permukaan bangun ruang. ( 2 soal )
a.
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan luas bangun
ruang sisi sisi datar
b.
Menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan luas bangun ruang sisi lengkung
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Husen akan membuat 50 buah topi dari karton berbentuk
kerucut dengan diameter bagian bawah topi 20 cm dan tinggi topi 24 cm. Jika
harga karton per m2
Rp8.000,00, maka biaya minimal seluruhnya adalah . . . .
A.
Rp30.200,00
B.
Rp31.400,00
C.
Rp32.700,00
D.
Rp34.100,00
Jawaban : C
|
Perhatikan
gambar. Dengan mengingat tripel pythagoras 5, 12, 13, diperoleh 10, 24, 26,
sehingga panjang garis pelukis 26 cm.
Luas karton yang
dibutuhkan
= 50 buah × luas
selimut kerucut
= 50 × p×r×s
= 50 ×
(3,14)×10×26
= 40.820 cm2
= 4,082 m2
Biaya = 4,082 × Rp8.000,-
= Rp32.700,00
|
2
|
Sebuah tabung memiliki panjang diameter dan tinggi sama
dengan diameter sebuah bola. Jika luas permukaan kulit bola 90 cm2,
maka luas seluruh permukaan tabung adalah . . . .
A.
135 cm2
B.
145 cm2
C.
150 cm2
D.
180 cm2
Jawaban : A
|
Luas permukaan
bola = luas selimut tabung = 4pr2 = 90 Û 2pr2 = 45
Luas permukaan
tabung
= luas selimut +
2 × luas alas
= 4pr2 + 2pr2
= 90 + 45
= 135
Ket : luas
selimut tabung = 2pr.t
karena t = 2r Þ = 2pr.(2r)
= 4pr2
|
SKL. 4
Memahami konsep
dalam statistika, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Indikator :
4. 1.
Menentukan ukuran
pemusatan atau menggunakannya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. ( 3 soal )
a.
Menghitung mean, median, atau modus data tunggal 35
b. Menghitung
mean, median, atau modus data tunggal pada tabel frekuensi
c. Menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan nilai
rata-rata 36
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Mean dan modus dari data :
4, 3, 5, 6, 7, 5, 8, 7, 7, 2 adalah . . . .
A.
5,4 dan 7
B.
5,4 dan 6
C.
5,5 dan 7
D.
5,5 dan 6
Jawaban : A
|
Mean =
= 5,4
Modus = nilai
yang paling sering muncul atau nilai dengan frekuensi paling tinggi = 7
|
2
|
Nilai rata-rata dari kelas A dengan jumlah siswa 21 anak
adalah 6,2, sedangkan nilai rata-rata dari kelas B dengan jumlah siswa 28
anak adalah 6,9. Jika nilai dari dua kelas digabungkan, maka nilai rata-rata
seluruhnya adalah . . . .
A.
6,4
B.
6,5
C.
6,6
D.
6,7
Jawaban : C
|
Jumlah
nilai kelas A = 21 × 6,2 = 130,2
Jumlah
nilai kelas B = 28 × 6,9 = 193,2
Rata-rata
keseluruhan =
= 6,6
|
4. 2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran
data. ( 1 soal )
a. Menafsirkan
data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau garis
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
|
Berikut ini
adalah data penjualan buku di toko SARI selama 5 hari pada minggu pertama bulan Januari
2012.
Jumlah buku yang terjual rata-rata pada data di atas adalah
. . . .
A.
40
B.
42
C.
44
D.
50
Jawaban : C
|
Rata-rata
penjualan
=
= 44
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SKL. 5
Memahami konsep peluang suatu kejadian
serta menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Indikator :
5. 1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu
kejadian. ( 2 soal )
a. Menentuan peluang suatu kejadian tertentu pada suatu percobaan (pelemparan dua dadu, atau satu dadu dan 1 coin, atau 3
coin)
b. Menentuan peluang suatu kejadian tertentu pada kehidupan sehari-hari.
No
|
Contoh Soal
|
Alternatif Penyelesaian
|
1
|
Dua buah dadu dilempar bersama-sama. Peluang muncul mata
dadu berjumlah 9 adalah . . . .
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar